Sedekah Ikhlas dan Balasan dari Alloh

  • by
Sedekah Ikhlas dan Balasan dari Alloh Elsi Peduli

Sedekah dan Balasannya. – sedekah adalah amalan yang didalamnya terdapat keutamaan dan balasan yang besar, sedekah adalah memberikan sesuatu kepada orang lain dengan ikhlas dan sukarela, amalan ini memiliki arti luas dalam islam amalan ini bukan hanya memberikan harta kepada orang lain tapi melakukan kebaikan-kebaikanpun bisa disebut dengan sedekah seperti senyum kepada saudara sesama muslim, berdzikir, mengajarkan ilmu, bahkan berhubungan dengan suami istripun bisa disebut dengan sedekah.

Amalan ini adalah bukti keimanan dan keta’atan kita kepada Alloh SWT, menolong orang dengan tenaga dan pikiranpun termasuk dari amalan ini, namun agar lebih afdhol kita sedekahkan harta kita kepada orang yang membutuhkan walaupun arti dari sedekah ini memiliki pengertian yang luas.

Nabi bersabda: “Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu.”(HR. Bukhari).

“Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah“. (HR. At-Tirmidzi).

Alloh SWT menyebut sedekah (shidqah, shodaqoh) sebagai “pinjaman yang baik” (qardhul hasan). Orang bersedekah hakikatnya “meminjamkan harta” kepada Allah dan Dia Yang Mahakaya pasti akan mengembalikan pinjaman dengan pengembalian yang berlipat ganda.

Dalam sedekah ada beberapa balasan yang akan diberikan diantaranya,

1. menjadi sebab penghapusan dosa

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)

Dengan amalan ini kita mendapatkan ampunan dari Alloh SWT, tentu hal ini harus diiringi dengan taubat nasuha, banyak orang yang menganggap bahwa dengan amalan ini dapat menghapus dosa-dosa mereka tanpa perlu bertaubat, mereka sudah merencanakan dari awal sebelum melakukan maksiat agar maksiat yang dilakukan akan dihapuskan dosanya dan hal ini termasuk aman dari azab Alloh dan ini dosa besar.

“Maka apakah mereka merasa aman dari azab Allah? Tiada yang merasa aman dan azab Allah kecuali orang-orang yang merugi.” (QS. Al A’raf: 99)

2. sebab terbebasnya dari siksa kubur

Amalan ini dapat membebaskan dari siksa kubur ini adalah balasan yang luar biasa hanya dengan memberikan harta kepada orang yang membutuhkan tentu dengan syarat ikhlas maka akan dibebaskan dari siksa kubur.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873)

3. sebab dilipatgandakannya pahala

Sedekah adalah amalan yang dapat mengembangbiakan pahala hal ini merupakan rahmat Alloh kepada hambanya

 Allah Ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

4. Dapat memasuki surga dengan pintu sedekah

“Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan salat, ia akan dipanggil dari pintu salat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari no.3666, Muslim no. 1027)

5. salah satu amal yang tidak putus sampai mati

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwa Nabi SAW bersabda: “Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga perkara yaitu: Shodaqoh jariyah, anak yang sholeh yang memohonkan ampunan untuknya (Ibu dan bapaknya) dan ilmu yang berguna setelahnya“.

Sebenarnya banyak masih banyak balasan-balasan yang akan didapat untuk orang yang bersedekah karena Alloh namun kami hanya menyebutkan beberapa saja.

Wallohua’lam…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *